Friday, June 20, 2014

Manajemen Kelas

Manajemen kelas adalah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas.

Di kelas :
  • Membuat kelas sebagai tempat belajar
  • Menciptakan proses belajar efektif di dalam kelas 
  • Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar
  • Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar
  • Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
Tujuan Manajemen Kelas :
  • Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik sehingga lingkungan belajar murid-murid maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa-siswi untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  • Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif
  • Membina dan membimbing siswa-siswi sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individualnya.
Tren Manajemen Kelas
  • Baru

    1. Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri
    2. Menekankan pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa.
    3. Menekankan pada siswa, guru sebagai pemandu, koordinator dan fasilitator.
    4. Penekanan pada regulasi diri siswa.
     
  • Lama

    1. Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
    2. Mengorientasi siswa pada sikap pasif dan patuh pada peraturan yang ketat - melemahkan siswa dalam pembelajaran aktif.
    3. Guru sebagai pengatur
    4. Model permisif
Kunci dalam manajemen kelas dari awal masa sekolah :
  • Menyampaikan aturan dan prosedur yang anda gunakan kepada kelas dan mengajar siswa bekerja sama untuk mematuhinya.
  • Mengajak siswa terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.
Slow learner - IQ dibawah rata-rata (borderline)
Under achiever - punya potensi tapi prestasi tidak sesuai dengan potensi

Dampak Manajemen Kelas (Kepada Siswa)
  • Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
  • Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan bukan kemarahan.
  • Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.
Bagi guru :
  • Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik.
  • Memberikan respons secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.
  • Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam memberikan pengajaran yang jelas kepada siswa.
Strategi yang dilakukan dalam manajemen kelas :
  • Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal
  • Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
  • Membangun dan menegakkan aturan
  • Mengajak murid untuk bekerjasama
  • Mengatasi problem secara efektif
  • Menggunakan strategi komunikasi

No comments:

Post a Comment