Di kelas :
- Membuat kelas sebagai tempat belajar
- Menciptakan proses belajar efektif di dalam kelas
- Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar
- Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar
- Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
- Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik sehingga lingkungan belajar murid-murid maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa-siswi untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
- Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif
- Membina dan membimbing siswa-siswi sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individualnya.
- Baru
- Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri
- Menekankan pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa.
- Menekankan pada siswa, guru sebagai pemandu, koordinator dan fasilitator.
- Penekanan pada regulasi diri siswa.
- Lama
- Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
- Mengorientasi siswa pada sikap pasif dan patuh pada peraturan yang ketat - melemahkan siswa dalam pembelajaran aktif.
- Guru sebagai pengatur
- Model permisif
- Menyampaikan aturan dan prosedur yang anda gunakan kepada kelas dan mengajar siswa bekerja sama untuk mematuhinya.
- Mengajak siswa terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.
Under achiever - punya potensi tapi prestasi tidak sesuai dengan potensi
Dampak Manajemen Kelas (Kepada Siswa)
- Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
- Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan bukan kemarahan.
- Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.
- Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik.
- Memberikan respons secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.
- Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam memberikan pengajaran yang jelas kepada siswa.
- Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal
- Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
- Membangun dan menegakkan aturan
- Mengajak murid untuk bekerjasama
- Mengatasi problem secara efektif
- Menggunakan strategi komunikasi
No comments:
Post a Comment